Astrapia Ribbon-tailed (Astrapia mayeri)

Astrapia Ribbon-tailed (Astrapia mayeri) 


Ini adalah salah satu burung cendrawasih yang paling spektakuler. Namanya Astrapia Ribbon-tailed dan memiliki bulu ekor terpanjang dalam kaitannya dengan ukuran tubuh, panjangnya mencapai lebih dari tiga kali panjang tubuhnya. 

Panjang burung dewasa mencapai 32 cm dengan ekor burung jantan yang bisa mencapai 1 meter. Burung jantan memiliki warna hitam dan hijau zaitun sedangkan burung betina berwana coklat. Burung jantan memilki ekor panjang berbentuk pita berwarna putih. Daerah penyebarannya ada di bagian tengah Pulau Irian. 


Burung Cendrawasih ini yaitu satu diantara burung cendrawasih yang paling spektakuler. Namanya Astrapia Ribbon-tailed serta mempunyai bulu ekor terpanjang dalam hubungannya dengan ukuran badan, panjangnya meraih kian lebih tiga kali panjang badannya. Panjang burung dewasa meraih 32 cm dengan ekor burung jantan yang dapat meraih 1 mtr.. Burung jantan mempunyai warna hitam serta hijau zaitun sedang burung betina berwana coklat. Burung jantan memilki ekor panjang berupa pita berwarna putih. Daerah penyebarannya ada dibagian tengah Pulau Irian.

Astrapia Ribbon-tailed (Astrapia mayeri) ini adalah salah satu burung cendrawasih yang paling spektakuler. Namanya Astrapia Ribbon-tailed dan memiliki bulu ekor terpanjang dalam kaitannya dengan ukuran tubuh, panjangnya mencapai lebih dari tiga kali panjang tubuhnya.


Astrapia mayeri bisa sampai 32 cm (tanpa termasuk ekor laki-laki, yang dapat lebih dari 1 meter), burung hitam beludru surga. Yang Jantan memiliki bulu warna-warni hijau dan perunggu zaitun, dan dihiasi dengan bulu-bulu hias "bola" di atas tagihan dan dua sangat panjang, pita-seperti putih bulu ekor. Sedangkan yang Betina adalah burung cokelat dengan kepala warna-warni.

Astrapia Pita-ekor didistribusikan dan endemik hutan subalpine di bagian barat dataran tinggi tengah Papua Nugini. Seperti banyak burung hias lainnya dari surga, laki-laki adalah poligami. Para Astrapia Pita-ekor burung terbaru dari surga untuk ditemukan.






No comments

Powered by Blogger.